STUDI DESKRIPTIF TINGKAT PENGETAHUAN SUAMI TENTANG KONTRASEPSI KONDOM DI PUSKESMAS PATUK 2 GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Dechoni Rahmawati, Nendhi Wahyunia Utami, Elvika Fit Ari Shanti

Abstract


Latar Belakang: Tingkat pertumbuhan populasi yang besar membuat populasi meningkat. Semakin besar peningkatan presentasi, semakin besar populasinya. Peningkatan ini tentu berdampak pada populasi Indonesia. Populasi dapat berubah dari waktu ke waktu, terkait dengan populasi yang tinggi, tentu saja ada faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah laju atau laju pertumbuhan populasi. Oleh karena itu, upaya untuk mengurangi laju pertumbuhan adalah program yang sangat penting yang ditawarkan oleh pemerintah harus didukung oleh masyarakat seperti keluarga berencana. Sehingga penurunan laju pertumbuhan populasi diperkirakan akan menurun. Tujuannya adalah mengetahui tingkat pengetahuan suami tentang kontrasepsi di Puskesmas Patuk 2 Gunungkidul Yogyakarta.

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan 32 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat.

Hasil: Tingkat pengetahuan suami tentang kondom dikategorikan sebagai tingkat pengetahuan yang cukup dari 16 responden (50,0%), tingkat pengetahuan yang baik dari 9 responden (28,1%) dan kurangnya tingkat pengetahuan 7 responden (21,9%).

Kesimpulan: Pengetahuan Suami tentang Kondom kontrasepsi di Puskesmas Patuk 2 Gunungkidul sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang cukup dari 16 responden (50,00%).

 

Kata kunci: Pengetahuan, Suami, Kontrasepsi Kondom

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v4i2.190

Article Metrics

Abstract viewed : 387 times
Full Text files downloaded : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.