PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES HANGAT PADA ANAK UMUR 1-5 TAHUN YANG MENGALAMI KEJANG DEMAM DI RS PERMATA BUNDAPURWODADI

Mun Aminah, Nurul Kodiyah

Abstract


Latar belakang: Salah satu hal atau peristiwa yang akan membuat orangtua cemas dengan pertumbuhan ataupun perkembangan anaknya adalah ketika anaknya sakit, hal ini dikarenakan pada saat anak sakit biasanya diikuti dengan perubahan sifat atau sikap misalnya anak menjadi rewel, mudah marah, sering menangis dan gelisah (Widjaja, 2001). Penelitian Ini untuk mengetahui pengaruh pemberian kompres hangat terhadap penurunan suhu tubuh anak yang mengalami demam.

Metode: Desain penelitian menggunakan metode Quasi experiment. Jenis penelitian ini quasy eksperiment dengan rancangan penelitian pre test and post test.  Jumlah sampel yang diteliti adalah 20 responden. Analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan uji normalitas dan Uji paired t test.

Hasil: Ada pengaruh efektivitas rata – rata pre dan post pemberian kompres hangat terhadap penurunan suhu pada anak umur 1-5 tahun yang mengalami kejang demam dengan nilai t hitung (2.013) ≥ t tabel (2.101) dengan demikian ada perbedaan efektivitas yang bermakna pemberian kompres hangat dengan p – value (0.000) ≤ ï¡ (0.05).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil  Uji paired t-test  dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian kompres hangat terhadap penurunan suhu tubuh pada pasien kejang Demam  di RS Permata Bunda Purwodadi. Dilihat dari nilai rata – rata (mean) kompres air hangat  0.88.

 

Kata Kunci: Kompres Hangat, Kejang Demam

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v4i1.159

Article Metrics

Abstract viewed : 1216 times
Full Text files downloaded : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.