PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU IBU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS DI KECAMATAN PANGKAH

Novi Lotianti, Ratih Sakti Prastiwi, Umi Baroroh

Abstract


Latar Belakang: Pendidikan seksual merupakan salah satu upaya peningkatan pengetahuan remaja yang paling efektif untuk menurunkan kejadian penyimpangan dan pelecehan seksual pada remaja. Orang tua merupakan aktor utama yang berperan dalam memberikan pendidikan seksual pada anak sejak dini. Pemberian pendidikan seksual dipengaruhi pengetahuan orangtua, semakin tinggi pengetahuan orang tua semakin besar kecenderungannya dalam memberikan pendidikan seks pada anak yang secara langsung berpengaruh pada perkembangan perilaku seks anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan perilaku orang tua dalam pemberian pendidikan seks pada remaja di Kecamatan Pangkah.   

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian adalah semua ibu yang memiliki anak remaja usia 10-a9 tahun. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 87 responden. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner tertutup yang telah dilakukan uji validitas muka dan validitas isi. Analisis data menggunakan uji univariate.

Hasil: Hasil analisis statistik didapatkan pengetahuan sebagian besar responden berpengetahuan baik (74%). Sikap responden dalam pemberian pendidikan seks seluruhnya bersikap postif (100%). Sedangkan pada perilaku, mayoritas responden telah memberikan pendidikan seks pada anak remajanya yaitu sebanyak 84 responden (96,5%), akan tetapi masih ditemukan 3 responden (3.5%) yang belum memberikan pendidikan seks.

Kesimpulan: Pengetahuan, sikap dan perilaku orang tua di Kecamatan Pangkah dalam pemberian pendidikan seks sudah sangat baik. Adanya pemberian seks pada anak sejak dini dapat membantu merubah pemikiran remaja untuk dapat lebih menjaga perilaku seksualnya.

 

Kata Kunci : Remaja, Seksualitas, Pendidikan Kesehatan, Orang Tua

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v4i1.157

Article Metrics

Abstract viewed : 657 times
Full Text files downloaded : 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.