GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TABLET BESI DI DESA MEGONTEN, DEMAK

Yuwanti Yuwanti, Festy Mahanani Mulyaningrum, Nurul Kodiyah, Katrinda Nuariyanti

Abstract


Latar Belakang: Zat besi merupakan mineral yang diperlukan oleh semua sistem dalam tubuh. Besi sebagai unsur esensial untuk sintesis hemoglobin, sintesis katekotamin, produksi panas dan sebagai komponen enzim-enzim tertentu yang diperlukan untuk produksi adenasin trifosfat yang terlibat dalam respirasi sel. Ibu hamil membutuhkan zat besi untuk keperluan  ibu maupun bayinya. Asupan zat besi pada ibu hamil yaitu 60 mg setiap hari untuk pencegahan anemia.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Variable bebas ( independent) dalam penelitian yaitu usia, pendidikan, paritas, sosial ekonomi sedangkan variabel terikat (dependent) yaitu tablet besi .  

Hasil Penelitian: Berdasarkan analisis data dari 25 responden diketahui bahwa rerata usia ibu hamil pada rentang 20 – 35 tahun (56 %), rerata pendidikan ibu sekolah dasar 40 %, rerata paritas ibu merupakan multipara (52%), dan rerata sosial ekonomi ibu berada pada ekonomi rendah sejumlah 56 %, dan rerata sejumlah 48 % responden berpengatahuan baik.

Kesimpulan: Pengetahuan ibu hamil tentang tablet besi di desa Megonten, Demak berpengetahuan baik.

 

Kata Kunci    : Pengetahuan, Tablet besi

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i2.130

Article Metrics

Abstract viewed : 237 times
Full Text files downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.