HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG MANFAAT ANC DENGAN FREKUENSI ANC

Sri Martini, Anggraini Puspitaningrum

Abstract


Latar Belakang; Kesehatan dan kelangsungan hidup ibu dan bayi sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor pelayanan kebidanan antara lain asuhan kebidanan yang diberikan oleh tenaga bidan melalui pendekatan manajemen kebidanan. Asuhan kebidanan merupakan pelayanan kesehatan utama yang diberikan kepada ibu, anak, keluarga dan masyarakat. Setiap ibu hamil akan menghadapi risiko yang bisa mengancam jiwanya. Oleh karena itu, setiap ibu hamil memerlukan asuhan selama masa kehamilannya yang disebut dengan asuhan antenatal.

Tujuan; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang manfaat ANC dengan frekuensi ANC di Puskesmas Grobogan.

Motodologi; Pada penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian analitik korelatif dengan menggunakan pendekaatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas Grobogan, dengan penarikan sampel secara accidental sampling sebanyak 16 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.

Hasil; Berdasarkan analisa uji statistik menggunakan uji sperman rank (Rho),nilai Correlation Coefficient sebesar 0,081 nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,766 sehingga diperoleh nilai z hitung adalah 0,313 dan nilai ztabel adalah 0,506. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang manfaat ANC dengan frekuensi ANC di Puskesmas Grobogan Kabupaten Grobogan.

 

Kata kunci: Pengetahuan, Frekuensi ANC

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v1i2.13

Article Metrics

Abstract viewed : 322 times
Full Text files downloaded : 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.