HUBUNGAN POLA ASUH KELUARGA TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DESA GAMPING KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Festy Mahanani Mulyaningrum, Nurya Kumalasari

Abstract


Latar Belakang; Merokok merupakan sesuatu yang tidak asing bagi remaja terutama pada usia awal remaja. Remaja merokok adalah hal yang biasa karena pada umumnya remaja itu selalu ingin bertualang, mencoba sesuatu yang belum pernah dialaminya. Hal inilah yang menyebabkan remaja di Desa Gamping merokok dengan tanpa memperdulikan resiko-resikonya bagi kesehatan fisik atau psikologis dan salah satunya adalah Pola Asuh Keluarga.

Metode; Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional, bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara perilaku merokok pada remaja dengan gangguan pola asuh keluarga di Desa Gamping. Pendekatan penelitian ini menggunakan Rank Spearman. Responden adalah 100 orang yang terdiri dari Masyarakat Desa Gamping khusunya remaja berumur 12-15 tahun sebanyak 38 orang, Desa Gamping khusunya remaja berumur 16-21 tahun sebanyak 62 orang yang diambil secara total sampling.

Hasil; Berdasarkan hasil penelitian analisis Rank Spearman menunjukan hasil nilai r = 0,299 dan p<a yaitu 0,020 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Pola Asuh Keluarga terhadap remaja dengan perilaku merokok di Desa Gamping dengan kekuatan hubungan lemah.

Kesimpulan; Berdasarkan uji korelasi disimpulkan bahwa ada hubungan antara Pola Asuh Keluarga terhadap perilaku merokok pada remaja.

 

 Kata Kunci : Merokok, Remaja, Perilaku Merokok


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i2.129

Article Metrics

Abstract viewed : 314 times
Full Text files downloaded : 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.