PERBEDAAN PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA IBU POST PARTUM YANG DIBERIKAN KOMPRES POVIDONE IODINE 10% DENGAN KOMPRES NaCl 0,9% DI DESA BANYU KUNING BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

Amelia Nur Hidayanti

Abstract


Latar Belakang : Persalinan sering kali mengakibatkan luka perineum, baik pada primigravida maupun pada multigravida, dengan perineum yang kaku perlu dilakukan penjahitan dan perawatan luka dengan baik agar mempercepat proses penyembuhan luka perineum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penyembuhan luka perineum pada ibu post partum yang diberikan kompres povidone iodine 10% dengan kompres NaCl 0,9% di Desa Banyu Kuning Bandungan Kabupaten Semarang.

Metode : Penelitian ini menggunakan pra-eksperimen dengan metode postes only design (one shot case study). Populasi seluruh ibu post partum dengan luka perineum yang ada di desa Banyu Kuning Bandungan Kabupaten Semarang. Sampelnya 20 orang responden, yaitu 10 responden diberikan kompres povidone iodine 10% dan 10 responden diberikan kompres NaCl 0,9%. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Uji statistik bivariat menggunakan mann-whitney dan uji statistik univariat menggunakan deskriptif frekuensi.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesembuhan luka perineum dengan povidone iodine 10% sebesar 70,0%, sedangkan dengan NaCl 0,9% sebesar 30,0%. Ada perbedaan penyembuhan luka perineum yang diberikan kompres  povidone iodine 10% dengan NaCl 0,9% dengan nilai p = 0,029.

Simpulan : Disarankan kepada pelayanan kesehatan agar meningkatkan mutu pelayanan dalam menangani pasien dan perawatan luka perineum yang tepat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan institusi pendidikan agar menambah perbendaharaan ilmu. Untuk peneliti agar menambah pemahaman serta pengetahuan khususnya perbedaan penyembuhan luka perineum pada ibu post partum.

 

Kata Kunci : Perawatan Perineum, Penyembuhan Luka

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i2.113

Article Metrics

Abstract viewed : 1412 times
Full Text files downloaded : 658 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.