ANALISIS PENGARUH PELATIHAN STIMULASI, DETEKSI DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG (SDIDTK) BALITA DAN ANAK PRA SEKOLAH BERBASIS DINAMIKA KELOMPOK TERHADAP KETRAMPILAN KADER

Tria Puspita Sari, Rusiana Sri Haryanti

Abstract


Latar Belakang: Tahapan perkembangan anak  pada saat golden period memerlukan rangsangan/ stimulasi untuk meningkatkan potensi berkembangan anak. Pada tahun 2010 sekitar 16% anak usia dibawah lima tahun mengalami gangguan perkembangan.  Pemantauan tumbuh kembang anak merupakan bagian dari tugas kader posyandu. Berdasarkan hasil survey di wilayah Surakarta tahun 2017, banyak kader posyandu yang belum paham dan mengerti tentang SDIDTK, sebagian kader hanya memahami tentang pemantauan tumbuh kembang dengan cara pengisian grafik tinggi badan dan berat badan pada buku KMS. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pelatihan Stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK) berbasis dinamika kelompok terhadap ketrampilan kader posyandu.

Metode: pada penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental, dengan rancangan penelitian one group pretest – posttest design. Pengambilan sample menggunakan teknik total sampling dari kader posyandu balita Margi sehat 1 dan 2 RW 04 Kadipiro Surakarta yang berjumlah 21 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Instrument penelitian berupa ceklist penilaian SDIDTK. Analisis menggunakan analisis univariat dan bivariat, uji statistic Wilcoxon.

Hasil: menunjukkan 21 kader (100%) mempunyai ketrampilan kurang sebelum diberikan Pelatihan, dan setelah diberikan pelatihan 33 % kader dinyatakan trampil, 52% cukup trampil dan 14 % dinyatakan kurang terampil. Hasil uji ststistik Wilcoxon pengaruh pelatihan SDIDTK terhadap ketrampilan kader menghasilkan nilai p value 0,000(p<0.05).

Kesimpulan: terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan SDIDTK berbasis dinamika kelompok terhadap ketrampilan kader posyandu balita. Masih diperlukan adanya pendampingan yang berkesinambungan dari tenaga kesehatan baik untuk kader maupun orang tua balita.

 

Kata Kunci : Pelatihan SDIDTK, Dinamika Kelompok, Ketrampilan, Kader, Posyandu Balita

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i2.112

Article Metrics

Abstract viewed : 614 times
Full Text files downloaded : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.