HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU HAMIL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PEMBERIAN VITAMIN K PADA BAYI BARU LAHIR

Casnuri Casnuri, Tika Sari

Abstract


Latar Belakang: Vitamin K diberikan secara nasional pada tahun 2013 di Kota Yogyakarta sebesar 4396/100.000 Kelahiran Hidup (99,77%), sedangkan Kabupaten Sleman pemberian vitamin K sebesar 14.225/100.000 Kelahiran Hidup (100%) (Dinas Kesehatan Yogyakarta, 2013). Data tersebut menggambarkan bahwa pemberian vitamin K sudah sangat baik ditunjukkan dari persentase kepatuhan bidan dalam pemberian vitamin K. Angka tersebut bertentangan dengan pengetahuan yang dimiliki masyarakat khususnya ibu hamil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu hamil terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pemberian vitamin K pada bayi baru lahir

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Analitik dengan pendekataan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang melakukan kunjungan ANC di BPM Dini Melani, Condong Catur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang masuk kriteria inklusi dan ekslusi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis chi_square.

Hasil: Hasil uji chi_square menunjukkan x2 hitung >x2 tabel (1,924>0,227) dan p_value lebih kecil dari tingkat signifikansi (0,427<0,05), yang berarti hubungan antara karakteristik ibu hamil terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pemberian vitamin K pada bayi baru lahir adalah signifikansi dan dengan hasil yang bermakna, sehingga mendukung hipotesis.

Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara karakteristik ibu hamil terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pemberian vitamin K pada bayi baru lahir di BPM Dini Melani, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta.

 

Kata Kunci: Karakteristik, Tingkat Pengetahuan, Ibu Hamil

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i2.111

Article Metrics

Abstract viewed : 884 times
Full Text files downloaded : 278 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.