EFFEKTIVITAS KONSELING HIV/AIDS TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL DALAM PELAKSANAAN SCREENING HIV/AIDS DI PUSKESMAS WILAYAH BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL

Almira Gitta Novika, Dewi Setyaningsih

Abstract


Latar Belakang : Masalah HIV/AIDS di Indonesia adalah salah satu masalah kesehatan nasional yang memerlukan penanganan bersama secara komprehensif. Sejak 10 tahun terakhir, jumlah kasus AIDS di Indonesia mengalami lonjakan yang bermakna. Jumlah cakupan layanan testing dan konseling HIV di Indonesia masih tergolong rendah untuk menjangkau populasi berisiko dan mengetahui status HIV. Menurut penelitian pemberian konseling HIV dan test yang berkelanjutan dapat meningkatkan pengetahuan dan penerimaan ibu terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan Penelitian : untuk mengetahui effektivitas konseling HIV/AIDS terhadap pengetahuan ibu hamil dalam pelaksanaan screening HIV/AIDS di Wilayah Puskesmas Banguntapan Kabupaten Bantul.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan One Group Pre-test – Post-test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang datang berkunjung di Puskesmas Banguntapan I dan Banguntapan III dan memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Uji statistik yang digunakan adalah  t-test.

Hasil: Rata-rata pengetahuan responden tentang HIV/AIDS di Puskesmas Banguntapan I dan III sebelum diberikan konseling (pretest) yaitu 78,05 sedangkan rata-rata pengetahuan responden tentang HIV/AIDS di Puskesmas Banguntapan I dan III setelah diberikan konseling (posttest) yaitu 76,60. Tidak ada perbedaan pengetahuan tentang HIV/AIDS sebelum dan setelah pemberian konseling (nilai signifikasi = 0,161).

Kesimpulan: Tidak ada perbedaan pengetahuan tentang HIV/AIDS sebelum dan setelah pemberian konseling.

 

Kata Kunci: Konseling, HIV/AIDS, Pengetahuan

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v2i2.102

Article Metrics

Abstract viewed : 203 times
Full Text files downloaded : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.