ANALISIS PENGGUNAAN METFORMIN DAN GLUDEPATIC® SEBAGAI ANTIDIABETIK ORAL DI APOTEK KUSUMA FARMA KUDUS TAHUN 2019

Supriyanto Supriyanto, Endra Pujiastuti

Abstract


Latar Belakang; Diabetes mellitus tipe II merupakan tipe diabetes yang paling umum, lebih banyak penderitanya dibandingkan dengan diabetes tipe I. Perkembangan ilmu pengetahuan pengobatan Diabetes Mellitus kini mengalami kemajuan yang cukup besar, dengan adanya berbagai jenis obat anti Diabetes  dalam  sediaan  generik maupun paten. Tujuan pemnelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penggunaan obat antidiabetes tipe II (oral) dalam penelitian ini  adalah tablet Metformin dan Gludepatic®di Apotek Kusuma Farma Kudus.

Metode; Penelitian ini disusun berdasarkan hasil penelitian di Apotek Kusuma Farma Kudus. Penelitian yang dilakukan dengan mengambil data dari rekapitulasi pengeluaran obat yang datanya tersimpan di komputer Apotek Kusuma Farma Kudus

dengan di dukung studi pustaka dan publikasi yang ada. Metode yang  digunakan  adalah dengan mengumpulkan data di lapangan yang diambil di  Apotek  Kusuma Farma Kudus berdasarkan rekapitulasi pemakaian obat pada tahun 2019. Hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan metode uji Independent samples t-test  (uji  t  untuk dua sampel independen/bebas).

Hasil; Hasil data yang telah diolah didapatkan bahwa penggunaan Metformin dan Gludepatic® tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dikuatkan  dengan adanya data penggunaan Metformin dengan jumlah 1095 tablet dan Gludepatic® dengan jumlah 695. Hasil dapat dilihat menggunakan uji Independent samples t-test  bahwa Lavene‘s Test didapatkan sig 0,002 < 0,050 maka H0 ditolak.

Kesimpulan; Tidak  ada  perbedaan yang signifikan dalam penggunaan Metformin dan Gludepaticsebagai obat antidiabetik oral

 

Kata kunci: Metformin, Gludepatic®, Antidiabetes, Apotek Kusuma Farma Kudus

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v5i2.241

Article Metrics

Abstract viewed : 310 times
Full Text files downloaded : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.