ANALISIS PENGARUH JUS BELIMBING WULUH TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA GETASREJO

Eni Muslikhatun, Wahyu Dwi Hapsari

Abstract


Latar Belakang; Penyakit vaskular yaitu segala penyakit yang mempengaruhi sistim peredaran darah. Data World Health Organization (WHO) tahun 2013 kematian akibat ganguan kolesterol tinggi sebanyak 45,4 juta jiwa, di Indonesia meningkat sebanyak 28% pertahun. Sedangkan 972 juta orang atau 26,4% penghuni bumi mengidap hipertensi. Angka ini kemungkinan akan meningkat menjadi 29,2% di tahun 2025. Dari 972 juta pengidap hipertensi, 333 juta berada di negara maju dan 639 sisanya berada di negara sedang berkembang, temasuk Indonesia (WHO, 2013). Penanganan non farmakologi menggunakan buah dan sayur memberikan alternatif pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol antara lain dengan meggunakan buah belimbing wuluh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jus belimbing wuluh terhadap penurunan kadar kolesterol Pada Penderita Hipertensi Di Desa Getasrejo.

Metode; Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pre-post test design. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan metode systematic random sampling.

Hasil; Hasil penelitian pada uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcaxon diperoleh hasil nilai p 0,000, yang berarti nilai p <0,05 jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kadar kolesterol sebelum dan sesudah pemberian intervensi pemberian jus belimbing wuluh.

Simpulan; Hasil penelitian menyebutkan bahwa ada pengaruh jus belimbing wuluh terhadap kadar kolesterol pada penderita hipertensi  di Desa Getasrejo.

 

Kata Kunci; Jus Belimbing Wuluh, Kolesterol, Hipertensi


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v3i2.125

Article Metrics

Abstract viewed : 486 times
Full Text files downloaded : 357 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.