FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PASANGAN USIA SUBUR UNTUK MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG

Yuanita Ananda

Abstract


Latar belakang; Menurut  Dinas Kesehatan Kota Padang Wilayah Kerja Puskesmas Andalas merupakan Wilayah yang pasangan usia subur nya terbanyak di Kota Padang, dan juga didapatkan data Puskesmas Andalas termasuk didalam 5 besar yang merupakan banyaknya pasangan usia subur yang melakukan pemeriksaan leher rahim dan didapatkan 10 diantaranya IVA positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku Wanita Usia Subur untuk melakukan deteksi dini kanker serviks di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang.

Metode; Jenis penelitian ini adalah analitik dengan menggunakan rancangan Cross Sectional, penelitian telah dilakukan di RW O1 Kelurahan Ganting Parak Gadang, Populasi dalam penelitian ini adalah PUS yang berada di RW 01 Kelurahan Ganting Parak Gadang yang berjumlah 179 orang. Sampel penelitian sebanyak 65 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan univariat dan bivariat dengan uji statistik chi –square.

Hasil; Hasil penelitian lebih dari separuh (53,8%) pernah melaksanakan deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA dalam 5 tahun terakhir, kurang dari separuh (46,2%) responden memiliki tingkat pendidikan sedang, lebih dari separuh (63,1%) responden memiliki pengetahuan rendah, lebih dari separuh (50,8%) responden dengan dukungan suami tidak baik,

Kesimpulan; Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disimpulkan terdapat hubungan pendidikan dengan perilaku Wanita Usia Subur, hubungan pengetahuan dengan perilaku Wanita Usia Subur, dan juga hubungan dukungan suami dengan perilaku Wanita Usia Subur.  

 

Kata Kunci : Perilaku PUS, Pendidikan, Pengetahuan, dan Dukungan Suami


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v2i1.71

Article Metrics

Abstract viewed : 197 times
Full Text files downloaded : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.