EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI TERHADAP PERUBAHAN TEKNIK SIKAT GIGI DI SDN 05 GODONG KABUPATEN GROBOGAN

Anita Lufianti, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Latar Belakang : Hasil studi pendahuluan, didapatkan data di SDN 05 Godong terdapat anak-anak yang mengalami masalah kesehatan gigi diantaranya adalah masalah gigi berlubang, masalah bau mulut, dan masalah pola makan yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Sebagian besar siswa rata-rata mengalami gigi berlubang dan sering mengalami sakit gigi, menyikat gigi rata- rata 1x sehari , kurang mengerti cara menjaga kesehatan gigi dan teknik sikat gigi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan perbedaan efektivitas perubahan teknik sikat gigi pada kelompok kontrol dan intervensi.

Metode: Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian post-test control group design. Sampel penelitian sebanyak 48 orang yang terbagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang masing-masing terdiri dari 24 responden. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling yaitu menggunakan metode total Sampling. Analisa menggunakan uji statistik mann-withney.

Hasil Penelitian: Pendidikan kesehatan gigi dengan metode ceramah dan demonstrasi terhadap perubahan teknik sikat gigi yang baik di SDN 05 Godong dibuktikan dengan kelompok intervensi nilai mean rank 35,00 sedangkan pada kelompok kontrol nilai mean rank 14,00. Hal ini memperlihatkan bahwa rata-rata nilai teknik sikat gigi untuk kelompok intervensi lebih besar dari pada kelompok kontrol. Berdasarkan uji mann-whitney nilai p value sebesar 0,000 < 0,05 pada level signifikansi 95%. Data ini memperlihatkan adanya perbedaan teknik sikat gigi pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi.

Kesimpulan penelitian : Pendidikan kesehatan gigi dengan metode Ceramah dan demonstrasi efektif dalam perubahan teknik sikat gigi yang baik.

Kata kunci : Pendidikan Kesehatan Gigi, Kesehatan Gigi, Metode Ceramah,              Demonstrasi,Teknik Sikat Gigi

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v1i1.29

Article Metrics

Abstract viewed : 324 times
Full Text files downloaded : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.