PENGARUH TERAPI AKUPRESUR DALAM MENURUNKAN TINGKAT NYERI : LITERATUR REVIEW

Muh Firman Yudiatma, Nana Rochana, Achmad Zulfa Juniarto

Abstract


Latar belakang; Nyeri merupkan pengalaman sensori dan emosional yang tidak menyenangkan karena kerusakan jaringan yang aktual ataupun potensial. Penatalaksanaan nyeri dapat dilakukan baik secara farmakologi ataupun non farmakologi. Penatalaksanaan nyeri secara farmakologi diketahui memiliki efek samping seperti adanya ketakutan pasien akan adiksi dan ketergantungan, depresi pernafasan, dispepsia, pendarahan lambung dan kerusakan saluran cerna serta gangguan pada ginjal. Oleh karena itu, penting artinnya untuk melakukan terapi non farmakologi sebagai terapi komplementer dan alternatif terhadap penatalaksanaan nyeri. Akupresur merupakan tehnik non farmakologi yang telah terbukti berdasarkan penelitian dapat mengurangi tingkat nyeri pada berbagai keluhan nyeri.Tujuan dari penulisan artikel ini ini adalah untuk mengetahui pengaruh akupresur sebagai manajemen nyeri non farmakologis untuk menurunkan tingkat nyeri

Metode; Metode pada penulisan artikel ini adalah literature review dari data based pubmed, scientdirect dan google scholar. Artikel dengan bahasa Inggris full text dan batasan penerbitan artikel dari tahun 2009-2019.

Hasil; Terdapat penurunan tingkat nyeri pada subjek yang diberikan terapi akupresur pada berbagai keluhan nyeri seperti nyeri disminore, nyeri post SC, nyeri pada persalinan, nyeri kepala, nyeri post TKR, Low back pain, nyeri kanker payudara.

 

Kata kunci : Pain Management, Non Farmachological Therapy, Acupressure

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i1.272

Article Metrics

Abstract viewed : 53 times
Full Text files downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda

Copyright of The Shine Cahaya Dunia Ners. ISSN: 2503-2453 (Online).

View My Stats