PENGARUH MODEL PEDOMAN PERILAKU PERSONAL HEGIENE DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU PERSONAL HEGIENE SERTA KEJADIAN SCABIES

Adi Nurapandi

Abstract


Latar belakang; Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh tungou sarcoptes scabies var hominis. Faktor perilaku menjadi hal yang dominan berpengaruh terhadap kejadian scabies di Pondok Pesantren . Tindakan hidup bersih dan sehat sangat di butuhkan oleh masyarakat pesantren utamanya santri dari mulai perilaku mandi, perilaku berpakaian, perilaku mencuci, perilaku tidur, pengelolaan lingkungan hingga layanan kesehatan. Selain itu kejadian scabies terjadi karena hunian padat penduduk, dan Pendidikan kesehatan yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis Pengaruh Model Pedoman Perilaku Personal Hegiene dan Pengelolaan Lingkungan Terhadap Perilaku Personal Hegiene Serta Kejadian Scabies Pada Santri.

Metode; Desain penelitian ini adalah quasy Quasy-Experiment (Penelitian Experimen semu) dengan pre-test and post test with control design. Pengambilan sample dengan Teknik purposive sampling terdiri dari 28 responden terdiri dari 14 responden Intervensi dan 14 responden kontrol. Intervensi diberikan selama 21 hari.

Hasil; Hasil penelitian menunjukan perubahan perilaku personal hygiene yang lebih baik dengan Uji Paired Samples T-Test didapatkan nilai P<0,05 dan penurunan kejadian scabies dengan Uji Perbedaan Mann-Whitney Test didapatkan nilai P<0,05 pada kelompok intervensi Setelah diberikan model prilaku personal hegiene dan pengeloaan lingkungan.

Kesimpulan; Model perilaku personal hygiene dan pengelolaan lingkungan dapat di aplikasikan pada santri agar perilaku personal hygiene santri membaik dan kejadian scabies menurun.

 

Kata Kunci: Hygiene Perorangan, Scabies , Pengelolaan Lingkungan

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i1.271

Article Metrics

Abstract viewed : 390 times
Full Text files downloaded : 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.