EFEKTIFITAS SARI KEDELAI DENGAN FORTIFIKASI Fe SEBAGAI SUPPLEMENT PENINGKATAN KADAR PROFIL DARAH PADA IBU HAMIL ANEMIA DI WILAYAH PUSKESMAS KOTA PEKALONGAN

Miftachul Jannah, Ana Setyowati, Putri Andanawarih

Abstract


Latar Belakang : Anemia dalam kehamilan adalah kondisi ibu dengan kadar hemoglobin dibawah 11 gr/dl pada trimester 1 dan 3 atau kadar <10,5gr/dl pada trimester II. Anemia defisiensi besi pada kehamilan yang berkelajutan dapat menyebabkan masalah pada ibu maupun pada janinnya. Resiko yang terjadi pada bayi yaitu kejadian kelahiran premature dan kejadian kelahiran bayi berat lahir rendah. Sedangkan pada ibu meningkatkan kemungkinan kejadian perdarahan saat melahirkan dan trauma setelah melahirkan. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah anemia defisiensi zat besi adalah dengan mengoptimalkan bahan pangan yang fungsional dan fortifikasi pangan (fortifikasi zat besi).

Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest posttest with control group design. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil trimester II dan III dengan anemia yang terdaftar diseluruh puskesmas Kota Pekalongan. Tehnik pengambilan sampel penelitian ini dengan consecutive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 15 orang ibu hamil dengan anemia di setiap kelompoknya. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji independent t-test.

Hasil penelitian: menunjukkan terdapat pengaruh sari kedelai dengan fortifikasi Fe terhadap peningkatan kadar hemoglobin (p-value 0,002), hematokrit (p-value 0,000) dan jumlah eritrosit (p-value 0,000).

Kesimpulan dan Saran : Ada pengaruh dalam pemberian sari kedelai dengan fortifikasi Fe terhadap peningkatan kadar hemoglobin, hematokrit dan eritrosit pada ibu hamil dengan Anemia, saran kepada petugas kesehatan khususnya bidan dapat mensosialisasikan tentang manfaat sari kedelai dengan fortifikasi Fe sebagai suplemen tambahan yang dapat digunakan oleh ibu hamil dengan anemia agar dapat meningkatkan kadar Hb, Eritrosit dan Hematokrit pada darah.

 

Kata Kunci : Ibu Hamil Anemia, Fortifikasi Fe, Sari Kedelai


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i1.270

Article Metrics

Abstract viewed : 10 times
Full Text files downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda

Copyright of The Shine Cahaya Dunia Ners. ISSN: 2503-2453 (Online).

View My Stats