EFEKTIFITAS JAMU KUNYIT ASAM TERHADAP PENYEMBUHAN LASERASI PERINEUM DI KOTA PEKALONGAN

Putri Andanawarih, Ni’matul Ulya

Abstract


Latar belakang: Penyebab kematian ibu, di antaranya adalah perdarahan 30,5%, infeksi 22,5%, gestosis 17,5%, dan anastesia 2,0%. Sebagian besar kematian ibu (88%) terjadi dalam waktu empat jam setelah persalinan. Robekan jalan lahir merupakan penyebab kedua tersering dari perdarahan pasca persalinan. Perineum ibu harus diperhatikan secara teratur terhadap kemungkinan terjadinya infeksi. Infeksi pada masa nifas menyokong tingginya mortalitas dan morbiditas maternal di Indonesia yaitu sekitar 38 % dari jumlah ibu post partum. Jamu merupakan ramuan tradisional sebagai salah satu upaya pengobatan yang telah dikenal luas dan dimanfaatkan oleh masyarakat dengan tujuan mengobati penyakit ringan, mencegah datangnya penyakit, menjaga ketahanan dan kesehatan tubuh. Jamu kunyit asam masih banyak dikonsumsi masyarakat, memiliki manfaat sebagai antioksidan (Navarro et al., 2002) dan antibakteri (Chan et al., 2011) karena peran senyawa kurkumin.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan menggunakan kontrol time series design. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu nifas yang mengalami laserasi perineum derajat I atau derajat II di wilayah Kota Pekalongan. Tehnik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 30 responden yang terbagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing kelompok 15 responden. Analisis data dilakukan dengan uji mann-whitney.

Hasil: Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pemberian jamu kunyit asam terhadap penyembuhan laserasi perineum (p-value 0,000). Disarankan kepada petugas kesehatan khususnya bidan dapat mengembangkan pengobatan herbal dengan pemberian jamu kunyit asam, dan bagi ibu nifas untuk dapat mengkonsumsi jamu kunyit asam guna penyembuhan laserasi perineum.

Kesimpulan: Ada pengaruh jamu kunyit asam terhadap penyembuhan laserasi perineum pada ibu nifas dengan nilai p value < alpha (0,000 < 0,05)

 

Kata Kunci : Jamu kunyit asam, laserasi perineum

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i1.269

Article Metrics

Abstract viewed : 14 times
Full Text files downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda

Copyright of The Shine Cahaya Dunia Ners. ISSN: 2503-2453 (Online).

View My Stats