EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG SADARI PADA REMAJA PUTRI DI SMA N KOTA PEKALONGAN

Ana Setyowati, Pedvin Ratna Meikawati

Abstract


Latar Belakang: Kanker adalah salah satu penyakit yang banyak menimbulkan kesengsaraan dan kematian pada manusia. Kanker payudara dapat di deteksi lebih dini dengan cara pemeriksaan payudara sendiri, pemeriksaan klinik dan pemeriksaan mammografi untuk mengetahui sejak dini, sehingga dapat dilakukan pengobatan lebih awal untuk mencegah terjadinya kematian pada penderita kanker payudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran terhadap peningkatan pengetahuan tentang SADARI pada remaja putri di SMA N Kota Pekalongan.

Metode: Penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan one group pre test post test design. Populasi penelitian ini adalah siswi kelas X SMA N Kota Pekalongan yang berjumlah 160 responden, terbagi menjadi kelompok media pembelajaran buku saku 80 responden dan kelompok media video 80 responden. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan kesehatan menggunakan media pembelajaran buku saku dan video adalah adalah uji statistik non parametrik Wilcoxon. Untuk mengetahui ada perbedaan efektifitas media video dan buku saku terhadap tingkat pengetahuan setelah dilakukan penyuluhan serta perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan menggunakan media video dan buku saku, menggunakan Uji Mann Whitney.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan tentang SADARI setelah diberikan media pembelajaran buku saku dan video.

Kesimpulan: Disarankan kepada remaja putri uktuk dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mendeteksi secara dini kemungkinan terjadinya kanker payudara

 

Kata Kunci: media pembelajaran, SADARI, kanker payudara


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i1.267

Article Metrics

Abstract viewed : 284 times
Full Text files downloaded : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.