PENGARUH PEMBERIAN RELAKSASI AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA HIPERTENSI DUSUN PENGKOL, DESA DEPOK, KECAMATAN TOROH

Sutrisno Sutrisno, Christina Nur Widayati, Ika Putri Rahmawati

Abstract


Latar belakang : Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal. Seseorang dikatakan mengalami hipertensi bila tekanan darah >140/90mmHg. Salah satu pengobatan nonfarmakologi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hipertensi adalah relaksasi aromaterapi lavender. Tujuan penelitian untuk menganalisa pengaruh terapi relaksasi aromaterapi lavender terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di dusun pengkol, desa depok kecamatan toroh.

Metode :Quasy eksperiment dengan rancangan Control Group with Pre Test Post Test.

Hasil :  Hasil uji dengan uji t dependent (Paired t test) pada kelompok perlakuan dengan nilai p value 0.000. Tekanan darah diastolik pretest-posttest dengan p value < ? (0.05). Pada kelompok kontrol yaitu rata-rata tekanan darah sistolik pretest-posttest dengan nilai p value  < ? (0.05). Tekanan darah diastolik pretest-posttest dengan nilai p value 0.121 >? (0.05). Hasil uji hipotesis dengan uji t independent diperoleh nilai p value pada sistolik perlakuan adalah 0.013 yang berarti nilai p value< ? (0.05). Hasil analisa uji  Mann Whitney nilai p value 0,002 yang berarti nilai p value < ? (0.05).

Kesimpulan : Ada pengaruh pemberian relaksasi aromaterpai lavender terhadap tekanan darah penderita hipertensi

 

Kata Kunci : Hipertensi, Aromaterapi Lavender


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i1.266

Article Metrics

Abstract viewed : 864 times
Full Text files downloaded : 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.