EFEKTIFITAS TERAPI RELAKSASI IMAJINASI TERPIMPIN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS PURWODADI I GROBOGAN

Sutrisno Sutrisno, Yuwanti Yuwanti, Nur Budi Utami

Abstract


Latar Belakang : Angka kejadian hipertensi diseluruh dunia diperkirakan mencapai 970 juta orang dengan hipertensi, dan setiap tahun > 8,6 juta perempuan diseluruh dunia meninggal karena hipertensi. Hipertensi dikenal sebagai the silent diseases, dan diperkirakan 15 juta orang Indonesia menderita hipertensi. Dampak kesehatan penyakit hipertensi meningkatkan kejadian penyakit jantung, dan stroke.

Tujuan : tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pemberian terapi relaksasi imajinasi terpimpin terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi.

Metode : metode penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan pendekatan Non Equivalent Control Group Design. Sampel sebanyak 84 pasien lansia perempuan berumur 65-74 tahun, dengan hipertensi grade I (140/90mmHg–159/99mmHg) yang menjalankan terapi farmakologi antihipertensi.

Hasil : Terdapat perbedaaan yang signifikan pada TD sistole dan diastole pretest dan posttest kelompok perlakuan (p value=0.000). Ada perbedaaan signifikan pada TD sistole dan diastole pretest dan posttest kelompok kontrol (p value=0.000). Terdapat perbedaan yang signifikan pada TD sistole maupun diastole antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol (p value=0.000). Rerata penurunan TD sistole kelompok perlakuan=59.31mmHg, pada kelompok kontrol=25.69mmHg dengan selisih=33.61mmHg. Rata-rata penurunan TD diastole pada kelompok perlakuan=57.43mmHg, pada kelompok kontrol=27.57mmHg dengan selisih=29.86mmHg.

Simpulan : Terapi relaksasi imajinasi terpimpin efektif terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Purwodadi I Grobogan.

 

Kata Kunci        : Terapi Relaksasi Imajinasi Terpimpin, Lansia, Hipertensi


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v2i1.26

Article Metrics

Abstract viewed : 597 times
Full Text files downloaded : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.