HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS DENGAN PERILAKU SEKS BEBAS REMAJA DI SMA PGRI PURWODADI

Sutiyono Sutiyono, Andri Triyono

Abstract


Latar belakang: Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Grobogan pada tahun 2008 jumlah penderita penyakit HIV/AIDS sebanyak 32 orang, pada tahun 2014 jumlah penderita penyakit HIV/AIDS sebanyak 25 orang, dan pada tahun 2015 jumlah penderita penyakit HIV/AIDS sebanyak 47 orang dan dari observasi awal yang dilakukan di SMA PGRI Purwodadi ditemukan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi pergaulan bebas. Faktanya siswa-siswi memiliki tingkat pengetahuan yang baik namun ada perilaku seks yang kurang baik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pengetahuan HIV/AIDS dengan perilaku seks bebas remaja di SMA PGRI Purwodadi

Metode: jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif korelatif dengan pndekatan cross sectional, subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi di SMA PGRI Purwodadi. Sampel dipilih menggunakan tehnik probability sampling dangan cara simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 52 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner.

Hasil: analisis datanya dengan program  komputer menggunakan uji spearman rho dengan taraf signifikansi <0,05 atau tingkat kepercayaan 95%. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan nilai korelasi spearman Ï hitung  0,661 dan nilai Pv (0,0001). hal ini berarti ada hubungan antara tingkat pengetahuan HIV/AIDS dengan Perilaku seks bebas sehingga interprestasi hubungan kuat.

Kesimpulan: hasil uji statistik menunjukan ada hubungan kuat antara tingkat pengetahuan HIV/AIDS dengan perilaku seks bebas remaja di SMA PGRI Purwodadi.

 

Kata Kunci; Pengetahuan, HIV/AIDS, Seks Bebas, Remaja


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v1i2.133

Article Metrics

Abstract viewed : 254 times
Full Text files downloaded : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.