HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU PENGENDALIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA JONO KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN

Sutrisno Sutrisno, Christina Nur Widayati, Radate Radate

Abstract


Latar Belakang: Kondisi alam dan masyarakat saat ini sangat kompleks sehingga banyak masalah kesehatan yang muncul, masalah kesehatan pada lansia yang cukup dominan khususnya di negara maju yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Perilaku dalam mengendalikan hipertensi dapat dikendalikan dan dapat diatasi jika lansia tahu dan bersikap terhadap apa yang harus dilakukan untuk mengendalikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan sikap terhadap perilaku pengendalian hipertensi pada lansia di Desa Jono Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.

Metode: Desain penelitian ini adalah Deskriptif Corelation dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan didapatkan 136 responden yang sesuai dengan kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis datanya dengan bantuan computerized menggunakan uji Somersd dengan taraf signifikansi 95 %.

Hasil: Berdasarkan hasil analisa data (1) Responden yang memiliki pendidikan menengah sebanyak 79 responden (58,1%), (2) responden yang memiliki sikap cukup sebanyak 69 responden (50,7%), (3) responden yang memiliki perilaku cukup sebanyak 66 responden (48,5%), (4) Ada hubungan tingkat pendidikan dengan perilaku pengendalian hipertensi di Desa Jono Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan menggunakan uji Somers’d nilai r (0,633) dengan p-value (0,00) < sig (0,05), (5) Ada hubungan sikap dengan perilaku pengendalian hipertensi di Desa Jono Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan menggunakan uji Somers’d nilai r (0,742) dengan p-value (0,00) < sig (0,05).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil uji somers’d disimpulkan bahwa ada hubungan tingkat pendidikan dan sikap terhadap perilaku pengendalian hipertensi pada lansia di Desa Jono Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.   

 

Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Sikap, dan Perilaku


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v3i2.121

Article Metrics

Abstract viewed : 2510 times
Full Text files downloaded : 1168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.