HUBUNGAN PERAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI PUSKESMAS KALASAN KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Dewi Dewi, Heny Noor Wijayanti, Listia Dwi Febrianti

Abstract


Latar Belakang : Masa balita merupakan fase terpenting dalam membangun fondasi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Pertumbuhan anak dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari genetik sedangkan faktor eksternal yaitu status gizi pada masa balita. Anak balita ini merupakan kelompok yang menunjukkan pertumbuhan badan yang pesat, sehingga memerlukan zat gizi yang tinggi setiap kg berat badannya (Sulistijani, 2003). Studi pendahuluan dilakukan tanggal 24 Juni 2016 di Puskesmas Kalasan Sleman ibu yang datang ke Puskesmas Kalasan untuk melakukan pemeriksan atau Imunisasi bulan April – Juni 2016 sebanyak 568 Balita, 113 balita (18,9%) status gizi kategori kurang, sebanyak 242 balita (42,6%) dengan status gizi kategori normal dan sebanyak 213 balita  (37,5%) dengan status gizi kategori lebih. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan peran ibu dengan status gizi balita di Puskesmas Kalasan Kecamatan Kalasan  Kabupaten Sleman Tahun 2016.

Metode; Jenis penelitian ini adalah cross sectional dan bertujuan penelitian termasuk analitik korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu melalukan pemeriksan atau Imunisasi ke Puskesmas Kalasan Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman sebanyak 58 orang yan diambil dengan teknik accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dengan persentasi dan bivariat dengan uji chi square.

Hasil: Hasil Penelitian yaitu peran ibu diketahui paling banyak adalah kategori cukup (43,15). Status gizi balita paling banyak adalah kategori cukup (41,4%). Ada hubungan signifikan antara peran ibu dengan status gizi balita di Puskesmas Kalasan Kecamatan Kalasan  Kabupaten Sleman DIY (p-value=0,007).

Kesimpulan : ada hubungan yang signifikan antara peran ibu dengan status gizi balita di Puskesmas Kalasan Kecamatan Kalasan  Kabupaten Sleman DIY.

 

Kata Kunci : Peran Ibu, Status Gizi Balita


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v3i1.94

Article Metrics

Abstract viewed : 247 times
Full Text files downloaded : 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.