EFEKTIVITAS KONSELING KELUARGA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS HIDUP PASIEN HIPERTENSI

Suryani Suryani, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Latar belakang; Hipertensi merupakan masalah utama dalam kesehatan masyarakat Indonesia, yang sering kali menimbulkan berbagai komplikasi yang mempengaruhi kualitas hidup seseorang baik secara fisik, psikologis dan sosial. Upaya yang dapat dilakukan untuk dapat mempertahankan kualitas hidup pasien yaitu dengan empati, atensi dan memberikan dorongan moral spiritual melalui konseling keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling keluarga terhadap peningkatan kualitas hidup pasien hipertensi.

Metode; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini 42 pasien hipertensi primer dibagi menjadi 21 orang kelompok eksperimen dan 21 orang kelompok kontrol dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kualitas hidup kelompok intervensi dengan paired samples test dan kelompok kontrol uji wilcoxon sedangkan untuk mengetahui perbedaan kualitas hidup antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol menggunakan uji mann whitney.

Hasil; Penilaian kualitas hidup kelompok intervensi pre 76,57 dan post 83,85 sedangkan kelompok kontrol pre 73,76 dan post 73,85. Hasil analisa statistik  kualitas hidup dengan p value 0,00.

Kesimpulan; penelitian menunjukkan  konseling keluarga efektif terhadap peningkatkan kualitas hidup  pasien hipertensi.

 

Kata kunci : Hipertensi, Konseling Keluarga, Kualitas Hidup

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v3i1.80

Article Metrics

Abstract viewed : 819 times
Full Text files downloaded : 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.