HUBUNGAN MOBILIASASI DINI DENGAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN POST OPERASI DI RS. TK. III DR. REKSODIWIRYO PADANG TAHUN 2017

Melti Suriya

Abstract


Latar belakang; Prevalensi pasien post operasi di Indonesia diperkirakan 11% dari 1,2 juta tindakan operasi. Di RS. TK. III. Dr. Reksodiwiryo Padang pada tahun 2015-2016 terdapat 839 tindakan operasi. Juga didapatkan informasi  42,8% post operasi diantaranya melakukan mobilisasi dengan alasan untuk mempercepat penyembuhan luka yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mobiliasasi dini dengan proses penyembuhan luka pada pasien post operasi di RS. Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2017.

Metode; Jenis penelitian  analitik, dengan pendekatan cross sectional, Penelitian  dilakukan  di RS. Tk. III dr. Reksodiwiryo Padang.  Waktu penelitian  Bulan Januari - Agustus tahun 2017.  Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien post operasi di Ruangan rawat inap  119 orang. Sampel di ambil secara simple Random Sampling yaitu yaitu sebanyak 54orang.  Analisa data dilakukan secara  univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square.

Hasil; Hasil penelitian didapatkan bahwa  separoh (50%)  pasien  mengalami penyembuhan luka sembuh. Lebih dari separoh (51,9%) pasien melakukan mobilisasi dini. Terdapat hubungan yang bermakna antara mobilisasi  dini dengan  dengan penyembuhan luka di ruang inap di RS. Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2016 (p = 0,003).

Kesimpulan; Dapat disimpulkan bahwa  ada hubungan antara mobilisasi  dini dengan  dengan penyembuhan luka di ruang inap di RS. Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2017.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat kepada perawata agar dapat menerapkan secara berkala mobilisasi dini pada pasien dan memotivasi pasien agar dapat melakukan mobilisasi dini agar penyembuhan luka lebih cepat

 

Kata kunci: Penyembuhan Luka Post Operasi, Mobilisasi  Dini

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v2i2.68

Article Metrics

Abstract viewed : 378 times
Full Text files downloaded : 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.