HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU SULIT MAKAN PADA ANAK PRASEKOLAH

Siswani Marianna, Eltia Hardyanti

Abstract


Latar belakang:Kesulitan makan pada anak pra sekolah sering terjadi. Anak prasekolah adalah mereka yang berusia antara 3-5 tahun. Pada masa ini anak mengalami proses perubahan pola makan dimana anak pada umumnya mengalami kesulitan makan. Kesulitan makan pada anak juga berhubungan dengan pola asuh orang tua, dimana pola asuh membentuk karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku sulit makan anak prasekolah di BIMBA AIUEO griya Bintara Bekasi.

Metode: Dengan menggunakan desain studi penelitian ini bersifat dekriptif korelatif dengan pendekatan cross- sectional. Penelitian ini dilakukan pada 31 responden yang diambil dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner pola asuh orang tua yang mempunyai anak prasekolah.  Data yang telah terkumpul diolah menggunakan uji korelasi Spearman Rho.

Hasil: orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis sebanyak 16 respomden (51,6%) dan pada perilaku makan lebih banyak anak yang mengalami perilaku tidak sulit makan sebanyak 18 responden (58,1%). Untuk hasil analisa yang menunjukkan bahwa adanya hubungan bermakna antara pola asuh orang tua terhadap perilaku sulit makan anak dengan p value yaitu 0,002 dimana (p <0,005) dan nilai coefficient correlation 0,532, dimana hubungan kedua variable ini memiliki kekuatan hubungan cukup.

Kesimpulan: adanya hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua terhadap perilaku sulit makan anak prasekolah dengan p value yaitu 0,002 dimana (p <0,005) dan nilai coefficient correlation 0,532, dimana hubungan kedua variable ini memiliki kekuatan hubungan cukup.

 

Kata kunci : Pola Asuh, Perilaku Sulit Makan, Anak Prasekolah

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v4i2.175

Article Metrics

Abstract viewed : 1275 times
Full Text files downloaded : 532 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.