EFEKTIVITAS JUS PEPAYA DAN EKSTRAK ALOE VERA TERHADAP PENURUNAN DISPEPSIA PADA PASIEN GASTRITIS DI PUSKESMAS PURWODADI 1 KABUPATEN GROBOGAN

Fita Kusnul Khotimah, Sutrisno Sutrisno, Fitriani Fitriani

Abstract


Latar Belakang: Berdasarkan data pasien di Puskesmas Purwodadi 1 Kabupaten Grobogan didapatkan penyakit grastitis termasuk 10 besar penyakit dari bulan Januari 2019 sampai April 2019. Dispepsia merupakan kumpulan gejala  yangs alah satunya nyeri atau rasa tidaknyaman di epigastrium. Keluhan ini dapat disebabkan atau didasari oleh berbagai penyakit  tentunya termasuk juga di dalamnya penyakit yang mengenai lambung, atau yang lebih dikenal sebagai penyakit maag. Salah satu alternative pemanfaatan tanaman obat untuk gastritis yang sudah di uji dapat meredakan nyeri adalah teknik pemberian lidah buaya dan jus pepaya. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas antara jus papaya dan ekstrak aloe vera terhadap penurunan dyspepsia pada pasien gastritis di Puskesmas Purwodadi 1 Kabupaten Grobogan.

Metode:Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan pendekatan non Equivalen Control Group Design. Sempel yang didapatkan yaitu 16 responden untuk masing-masing kelompok. Sehingga keseluruhan sempel yang dibutuhkan 32 responden. Analisa datanya menggunakan uji Wilcoxon dan mann withney dengan bantuan computerized dengan menggunakan taraf signifikan 95%.

Hasil:dalam penelitian yang peneliti lakukan bahwa ekstrak aloe vera lebih efektif dari pada jus papaya dalam penurunan dyspepsia pada pasien gastritis. Dari hasil uji Wilcoxon menunjukan p value < 0.005 (0.000 dan 0.000) Uji mann withney mendapatkan nilai sig 0.018 karena aloe vera mempunyai rerata 20.12±4.06 sedangkan papaya yang mempunyai rerata 12.88±3.38.

Kesimpulan: Ekstrak aloe vera lebih efektif daripada jus papaya dalam penurunan dyspepsia pada pasien gastritis

 

Kata Kunci: Jus Pepaya, Ekstrak Aloe Vera,penurunan Dispepsia

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v4i2.173

Article Metrics

Abstract viewed : 2101 times
Full Text files downloaded : 862 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.