EFEKTIVITAS KONSELING KELUARGA TERHADAP STABILITAS TEKANAN DARAH PASIEN HIPERTENSI

Suryani Suryani

Abstract


Latar belakang; Tekanan darah merupakan masalah yang paling banyak terjadi di masyarakat Indonesia . Salah satunya hal ini terkait dengan hipertensi, yang merupakan masalah utama dalam kesehatan masyarakat Indonesia, yang sering kali menimbulkan berbagai komplikasi. Upaya yang dapat dilakukan untuk dapat mempertahankan tekanan darah seseorang yaitu dengan empati, atensi dan memberikan dorongan moral spiritual melalui konseling keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling keluarga terhadap stabilitas tekanan darah pasien hipertensi.

Metode; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini 42 pasien hipertensi primer dibagi menjadi 21 orang kelompok eksperimen dan 21 orang kelompok kontrol dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Stabilitas tekanan darah dianalisis dengan uji wilcoxon.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan tekanan darah sistolik pada kelompok intervensi rata-rata pre intervensi 148,67 mmHg dan post intervensi 132,38 mmHg sedangkan pada kelompok kontrol pre 149,67 mmHg dan post 146,95 mmHg. Kelompok intervensi tekanan darah diastolik pre 91,23 dan post 82,47 sedangkan kelompok kontrol pre 91,23 mmHg dan post 86 mmHg. Hasil analisa statistik  tekanan darah    p value  systole 0,004 dan diastole 0,015

Kesimpulan; penelitian menunjukkan  konseling keluarga efektif terhadap stabilitas tekanan darah pasien hipertensi.

 

Kata kunci : Hipertensi, Konseling Keluarga, Tekanan Darah


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v3i2.114

Article Metrics

Abstract viewed : 359 times
Full Text files downloaded : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.