HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG SIBLING RIVALRY DENGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DI PADUKUHAN GUDE DAN PAKWUNGU

Casnuri Casnuri, Rahayu Widaryanti, Febriana Febriana

Abstract


Latar Belakang: Sibling rivalry adalah perasaan tidak nyaman yang ada pada anak berkaitan dengan kehadiran orang asing yang semula tidak ada (dalam hal ini adalah saudara yang dilahirkan oleh ibunya yang dianggap mengancam posisi anak sebelumnya, ditujukan dengan perasaan iri hati). Masalah sibling rivalry dan pola asuh pada anak dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah tingkat pengetahuan ibu. Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang sibling rivalry dengan pola asuh orang tua terhadap anak di Padukuhan Gude dan Pakwungu, Tepus, Gunungkidul, DIY.

Metode: Jenis penelitian deskriptif analitik, menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel adalah ibu-ibu yang memiliki balita di Padukuhan Gude dan Pakwungu, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta diambil dengan teknik total sampling sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan analisis Bivariat.

Hasil: Ibu berumur antara 20-35 tahun sebanyak 19, persentase tinggi pendidikan ibu adalah dengan lulusan SD/SMP sebanyak 29, dan mayoritas ibu bekerja sebanyak 27, paritas kebanyakan anak 2 sebanyak 32. Tingkat pengetahuan ibu balita tentang sibling rivalry adalah tinggi sebanyak 15, pola asuh orang tua terhadap anak adalah pola asuh permisif sebanyak 30, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara sibling rivalry dan pola asuh, r(35) = 0,228; p > 0,05.

Kesimpulan: tidak ada hubungan yang signifikan antara sibling rivalry dan pola asuh, r(35) = 0,228; p > 0,05.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Sibling Rivalry, Pola Asuh


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v1i1.105

Article Metrics

Abstract viewed : 204 times
Full Text files downloaded : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.