HUBUNGAN ANTARA ANEMIA DALAM KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN POSTPARTUM DI RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA

Nurul Kodiyah, Rizky Sahara

Abstract


Latar Belakang:  Di Indonesia Angka Kematian Ibu merupakan salah satu indikator pembangunan kesehatan dasar yang masih memprihatinkan karena saat ini masih merupakan yang tertinggi dibandingkan AKI dengan negara-negara ASEAN lainnya. Kematian perempuan usia subur disebabkan masalah terkait kehamilan, persalinan, dan nifas akibat perdarahan. Menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007, Angka Kematian Ibu 228 per 100.000 kelahiran hidup. Tahun 2008, 4.692 ibu meninggal pada masa kehamilan, persalinan, dan nifas (Kompas, 2010).

Metode: Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah survey analitik dengan pendekatan case control. Populasi sebanyak 207 pasien. Sampel sebanyak 28 pasien dengan teknik sampling purpose sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu post partum 24 jam dengan perdarahan post partum pada bulan januari-april 2012. Cara pengumpulan data menggunakan data sekunder. Analisis Uji statistik dengan chi-square.

Hasil: Ada hubungan anemia dalam kehamilan dengan kejadian perdarahan post partum pada ibu post partum di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi dengan p-value = 0,012 < a (0,05).

Kesimpulan: Ada hubungan anemia dalam kehamilan dengan kejadian perdarahan post partum pada ibu post partum di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi

 

Kata Kunci    :           Anemia Dalam Kehamilan, Perdarahan Post Partum

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v2i1.83

Article Metrics

Abstract viewed : 313 times
Full Text files downloaded : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.