GAMBARAN PENGGUNAAN MASKER DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN GROBOGAN

Sri Untari, Nurul Kodiyah

Abstract


Latar Belakang: Penggunaan masker dimasa pandemi Covid-19 ini menjadi hal yang sangat penting untuk memproteksi diri dan juga orang lain dari risiko penularan virus ini. Sebagaimana perlu dikethui bahwa sebagian besar penularan covid-19 adalah melalui droplets, maka dirasakan perlu untuk melindungi diri. Masker dapat menjadi barrier  baik yang datang dari dalam maupun dari orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan masker wajah dimasa pandemi Covid-19 di Kabupaten Grobogan, Jawa tengah.

Metode; Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Sampel penelitian ini sebanyak 330 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi.

Hasil; Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden di Kabupaten Grobogan selalu menggunakan masker saat  berpergian keluar rumah (65,8%) responden. Namun, masih ada  (29,7%) responden yang mengaku jarang menggunakan masker saat keluar rumah dan ada (4,54%) responden yang mengaku tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

Kesimpulan; Dikabupaten Grobogan sebagian besar dari masyarakatnya (65,8%) telah menggunakan masker saat keluar dari rumah.

 

Kata Kunci: Penggunaan Masker, Covid-19, Kabupaten Grobogan

Full Text:

Full Teks


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v5i2.227

Article Metrics

Abstract viewed : 1053 times
Full Teks files downloaded : 395 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.