HUBUNGAN PARITAS DAN CARA MENERAN YANG BENAR DENGAN KELANCARAN PERSALINAN KALA II

Sri Untari, Sehmawati Sehmawati

Abstract


Latar Belakang: Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan yaitu pada usia 37- 42 minggu, serta lahir dengan presentasi belakang kepala, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun pada janin (Saifuddin, 2009). Paritas adalah pengalaman wanita berkaitan dengan kehamilan, abortus, persalinan prematur dan persalinan aterm serta anak yang hidup. (Manuaba, 2002). Paritas dikatakan tinggi bila ibu atau wanita melahirkan anak ke empat atau lebih, seorang wanita yang sudah mempunyai tiga anak dan terjadi kehamilan lagi maka keadaan kesehatanya akan mulai menurun (Catur Setyorini dan Elviandari Utami, 2016). Kelancaran persalinan adalah persalinan yang berjalan normal tanpa adanya komplikasi yang muncul dari awal persalinan sampai persalinan berakhir. Sedangkan persalinan kala II adalah dimulai ketika pembukaan serviks sudah lengkap (10 cm) dan berakhir dengan lahirnya bayi. (DEPKES RI, 2008:77)

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitan ini adalah seluruh ibu bersalin dipuskesmas Toroh 1 pada bulan Mei-Juli 2018, Kabupaten Grobogan. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling dan mendapatkan responden sebanyak 40 responden. Instrumen penelitian menggunakan check list dan lembar obsevasi, analisis data menggunakan uji Chi-square

Hasil: Terdapat hubungan paritas dengan kelancaran persalinan kala II  dengan uji statistik menggunakan Chi Square diperoleh juga nilai Pvalue sebesar 0,041 sehingga P<0,05 (level of significant). Terdapat hubungan cara meneran yang benar dengan kelancaran persalinan kala II dengan uji statistik menggunakan Chi Square diperoleh nilai Pvalue sebesar 0,043, sehingga P<0,05 (level of significant).

Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara paritas, cara meneran yang benar dengan kelancaran persalinan kala II dipuskesmas Toroh 1.

 

Kata Kunci: Paritas, Cara meneran yang benar, Kelancaran persalinan kala II

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v5i1.200

Article Metrics

Abstract viewed : 741 times
Full Text files downloaded : 264 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.