HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM HAMIL TERHADAP LAMA PERSALINAN KALA II

Sri Martini, Rosmala Kurnia Dewi

Abstract


Latar belakang; Senam hamil merupakan suatu program latihan bagi ibu hamil sehat untuk mempersiapkan kondisi fisik ibu dengan menjaga kondisi otot-otot dan persendian yang berperan dalam proses persalinan. Proses persalinan terdiri dari Kala I, II, III dan IV. Kala II dianggap tidak normal pada primigravida lebih dari 2 jam dan untuk multigravida lebih dari 1 jam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Keikutsertaan Senam Hamil Terhadap Lama Persalinan Kala II Di Puskesmas Toroh I.

Metode; Jenis penelitian menggunakan penelitian analitik dengan pendekatan retrospektif menggunakan uji Chi Square. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Toroh I. Populasi menggunakan ibu bersalin sebanyak 337 responden dan sampel 183 responden yang diambil dengan cara sistem random sampling.

Hasil; Ibu yang tidak melakukan senam hamil dengan lama persalinan kala II tidak normal sebanyak 14 (7.7%) dan ibu yang tidak melakukan senam hamil dengan lama persalinan kala II normal sebanyak 81(41%). Sedangkan ibu yang melakukan senam hamil dengan lama persalinan kala II tidak normal sebanyak 20 (10%) dan ibu yang melakukan senam hamil dengan lama persalinan kala II normal sebanyak 68 (38%). Hasil penelitian yang didapatkan dari rumus chi square adalah HO diterima Ha ditolak yaitu x2 hitung < x2 tabel yaitu sebesar 1,928 < 3,841.

Kesimpulan; Tidak ada hubungan keikutsertaan senam hamil terhadap lama persalinan kala II.

 

Kata Kunci : Senam Hamil, Lama Persalinan Kala II

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v5i1.199

Article Metrics

Abstract viewed : 298 times
Full Text files downloaded : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.