HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS DENGAN PERILAKU SEKS BEBAS REMAJA DI SMA PGRI PURWODADI GROBOGAN

Festy Mahanani Mulyaningrum, Dewi Saptawati

Abstract


Latar belakang : Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Grobogan, menyebutkan, sejak Januari hingga Juni 2018 ada 18 penderita HIV/AIDS, di mana tiga diantaranya meninggal dunia, sejak tahun 2008 hingga awal Juni 2018 mencapai 150 penderita. Jumlah penderita dan yang meninggal akibat HIV/AIDS paling banyak terjadi di tahun 2018 di mana ada 47 penderita, 16 diantaranya meninggal. Yang menyedihkan lagi tambahnya jumlah penderita HIV/AIDS dari kalangan anak-anak terus bertambah jumlahnya. Pada tahun 2018 hanya dua anak dan di tahun 2019 juga hanya dua anak. Namun di tahun 2019 ini naik menjadi empat anak yang mengidap HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pengetahuan HIV/AIDS dengan perilaku seks bebas remaja di SMA PGRI Purwodadi

Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional, subjek dari penelitian ini adalah siswa di SMA PGRI Purwodadi. Sampel dipilih menggunakan tehnik probability sampling dangan cara simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 78 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner.

Hasil : Analisis datanya dengan program SPSS for Windows versi 16.0 menggunakan uji Lambda dengan taraf signifikansi <0,05 atau tingkat kepercayaan 95%. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan nilai korelasi nilai Pvalue (0,006). hal ini berarti ada hubungan antara tingkat pengetahuan HIV/AIDS dengan Perilaku seks bebas sehingga interprestasi hubungan kuat.

Kesimpulan : Hasil uji statistik menunjukan ada hubungan antara tingkat pengetahuan HIV/AIDS dengan perilaku seks bebas remaja di SMA PGRI Purwodadi.

 

Kata kunci: Tingkat Pengetahuan, HIV/AIDS, Perilaku Seksual, Remaja

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/.v5i1.197

Article Metrics

Abstract viewed : 406 times
Full Text files downloaded : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.