PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK YOGYAKARTA

Listia Dwi Febriati, Afroh Fauziah

Abstract


Latar belakang : Pada era globalisasi seperti saat ini, media sosial untuk melakukan sebuah interaksi sosial (Osland, dalam Effendi, 2013). Anak-anak yang sering menggunakan gadget, seringkali lupa dengan lingkungan sekitarnya. Mereka lebih memilih bermain menggunakan gadget  dari pada bermain bersama dengan teman-teman dilingkungan sekitar tempat tinggalnya. Sehingga interaksi sosial antara anak dengan masyarakat, lingkungan sekitar  berkurang, bahkan semakin luntur (Ismanto dan Onibala, 2015). Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap sosial emosional anak usia prasekolah.

Metode : Rancangan penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap sosial emosional anak usia pra sekolah yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Lokasi penelitian di TK Raudhatul Athfal Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Pengolahan data kualitatif dilakukan transkripsi, koding dan disajikan dalam bentuk teks secara naratif.

Hasil: Intensitas rata-rata penggunaan gadget lebih dari satu jam per hari, Sosial Emosional anak seperti anak marah, emosi saat diminta berhenti menggunakan HP. Intensitas penggunaan Gadget memberikan pengaruh pada Perkembangan social emosial anak seperti anak yang suka marah, membanting dan egois/ tidak mau mengalah perlu.

Kesimpulan : Terdapat pengaruh intensitas penggunaan Gadget dengan social emosional anak usia pra sekolah

 

Kata Kunci :Gadget, Sosial Emosional, Pra sekolah

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v5i1.196

Article Metrics

Abstract viewed : 2009 times
Full Text files downloaded : 612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.