HUBUNGAN PARITAS DAN BERAT BADAN LAHIR BAYI DENGAN RUPTURE PERINEUM PADA IBU BERSALIN

Sri Untari, Wahyu Utami Ekasari

Abstract


Latar belakang: Perdarahan post partum menjadi penyebab utama 40% kematian ibu di Indonesia. Faktor penyebab perdarahan post partum antara lain adalah atonia uteri, retensio plasenta, laserasi jalan lahir dan kelainan penyakit darah. Laserasi jalan lahir merupakan penyebab kedua perdarahan setelah atonia uteri (Wiknjosastro, 2007). Laserasi perineum atau sering disebut dengan rupture perineum adalah robekan yang terjadi pada perineum sewaktu persalinan. Rupture perineum dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor maternal, faktor janin dan faktor penolong.(Varney, 2008)

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu bersalin spontan yang tercatat dalam catatan persalinan di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi selama satu tahun yaitu tahun 2018 sebanyak 1976 persalinan. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu sebanyak 332 ibu bersalin. Data yang telah diolah akan dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dan multivariat.

Hasil: Terdapat hubungan paritas dengan rupture perineum  dengan uji statistik menggunakan Chi Square didapatkan X2 hitung diperoleh10.677 dan X2 tabel dengan taraf kesalahan 5% sebesar 5.991 sehingga X2 hitung > X2 tabel, selain itu diperoleh juga nilai P sebesar 0,005 dibandingkan dengan 0,05 sehingga P<0,05 (level of significant).

Terdapat hubungan berat badan bayi dengan rupture perineum dengan uji statistik menggunakan Chi Square didapatkan X2 hitung diperoleh 13.899 dan X2 tabel dengan taraf kesalahan 5% sebesar  5.991 sehingga X2 hitung > X2 tabel, selain itu juga diperoleh nilai P sebesar 0,001 dibandingkan dengan 0,05 sehingga P<0,05 (level of significant).

Kesimpulan: Bahwa terdapat hubungan antara paritas, berat badan bayi dengan rupture perineum di rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi

 

Kata Kunci: Paritas, Berat Badan Lahir, Rupture Perineum

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v4i2.191

Article Metrics

Abstract viewed : 413 times
Full Text files downloaded : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.