HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN DETEKSI DINI KOMPLIKASI KEHAMILAN DI PUSKESMAS KARANGRAYUNG I

Sri Untari, Sehmawati Sehmawati

Abstract


Latar belakang :Asuhan Antenatal Care merupakan pengawasan terhadap kehamilan untuk mendapatkan informasi kesehatan umum ibu hamil, untuk menegakkan secara dini komplikasi kehamilan seperti : perdarahan, pre-eklamsia, kelainan letak, hidramnion, ketuban pecah dini. Di Indonesia Angka Kematian Ibu (AKI) sebanyak 359 per 100.000 kelahiran hidup. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan pada Tahun 2016 di Puskesmas Karangrayung I angka kejadian komplikasi kehamilan sebanyak 6.888 jiwa. Penelitian ini ingin mengetahui hubungan antara kepatuhan ibu hamil dalam Pemeriksaan Antenatal care (ANC) dengan Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan di Puskesmas Karangrayung I.

Metode penelitian : Penelitian ini bersifat Survei Analitik dengan menggunakan desain penelitian Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil trimester II dan trimester III pada periode bulan Maret 2017 di Puskesmas Karangrayung I pada saat penelitian sebanyak 172 sampel dengan teknik pengambilan sampel adalah accidendal sampling. Data dianalisis dengan analisa univariat yaitu distribusi frekuensi variabel independent dan dependent serta analisi bivariat menggunakan uji statistik Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 0,05.

Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari 172 responden didapatkan ibu yang patuh melakukan kunjungan sebanyak 121 (70,34%) sedangkan ibu hamil yang tidak patuh melakukan kunjungan sebanyak 51 (29,65%). Sedangkan ibu hamil yang mengalami komplikasi pre-eklamsia sebanyak 38 (37,62%), ibu hamil yang mengalami komplikasi gerakan janin kurang sebanyak 32 (31,68) dan ibu hamil yang mengalami komplikasi keluar cairan atau darah sebanyak 31 (30,69%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan ibu dalam Antenatal Care (ANC) mempunyai hubungan yang bermakna dengan deteksi dini komplikasi kehamilan dengan masing-masing nilai X2  hitung 7,26 yang lebih besar dari X2 tabel 3,84.

Kesimpulan: Berdasarkan analisa data yang telah diperolah didapatkan kesimpulan bahwa ibu yang patuh melakukan kunjungan Antenatal Care (ANC) dapat mendeteksi komplikasi kehamilan, sehingga diharapkan ibu hamil di Puskesmas Karangrayung I patuh dalam melakukan kunjungan Antenatal Care (ANC).

 

Kata Kunci : Kepatuhan ANC, Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v4i1.158

Article Metrics

Abstract viewed : 847 times
Full Text files downloaded : 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.