HUBUNGAN ANEMIA DALAM KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN POST PARTUM PRIMER PADA IBU POST PARTUM DI RSUD AMBARAWA

Amelia Nur Hidayanti, Laily Himawati

Abstract


Latar Belakang : Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan perempuan. Anemia dan kekurangan energi kronis (KEK) pada ibu hamil menjadi penyebab predisposisi terjadinya perdarahan dan infeksi yang merupakan faktor kematian utama ibu. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan anemia dalam kehamilan dengan kejadian perdarahan post partum primer pada ibu post partum di RSUD Ambarawa.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik, dengan pendekatan case control. Populasi ini adalah semua ibu post partum yang berada di RSUD Ambarawa yang mengalami perdarahan sebanyak 28 responden dengan menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dari catatan medis. Analisa data menggunakan analisis unuvariat dan bivariat.

Hasil: Responden yang mengalami perdarahan post partum primer dengan kadar Hb < 11gr% pada kehamilan trimester 3 sebanyak 23 orang (82,1%), yang memiliki kadar Hb > 11gr% sebanyak 5 orang (17,9%). Dari uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan anemia dalam kehamilan dengan kejadian perdarahan post partum primer pada ibu post partum (p=0,012).

Simpulan: adanya hubungan anemia dalam kehamilan dengan kejadian perdarahan post partum primer pada ibu post partum.

 

Kata Kunci : Anemia, Perdarahan Post Partum Primer

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v4i1.154

Article Metrics

Abstract viewed : 546 times
Full Text files downloaded : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.