HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH IBU DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) DI POSYANDU DESA MAYAHAN KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN

Laily Himawati, Rizky Sahara, Nurya Kumalasari

Abstract


Latar Belakang: Toilet training pada anak merupakan latihan buang air besar atau kecil pada anak. Apabila orang tua santai dalam memberikan aturan dalam toilet training maka anak dapat mengalami kepribadian ekspresif dimana anak lebih tega, cenderung ceroboh, suka membuat gara-gara, emosional dan seenaknya dalam melakukan kegiatan sehari- hari. Sebanyak 75 juta anak yang susah mengontrol buang air besar dan buang air kecil (ngompol) diusia sampai prasekolah, berdasarkan Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT). Suksesnya toilet training tergantung pada kesiapan yang ada pada diri anak dan keluarga.

Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling (area sampling) dan didapatkan 89 responden. Analisis data menggunakan chi-square.

Hasil Penelitian: Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi dengan uji koefisien kontingensi lambda diperoleh nilai p-value 0,016<0,05 yang menunjukkan bahwa ada hubungan  pola asuh ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun) di posyandu Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan

Kesimpulan: Ada hubungan  pola asuh ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun) di posyandu Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci    :           Pola Asuh Orang Tua, Toilet Training

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v1i2.10

Article Metrics

Abstract viewed : 390 times
Full Text files downloaded : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.